Minggu, 15 Maret 2015

Apa Saja Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil merupakan makanan yang mempunyai banyak manfaat dan mampu memberikan asupan gizi untuk sang ibu maupun janin yang masih dalam kandungan. Hal ini penting diperhatian oleh para wanita hamil, terutama bagi wanita yang baru awal hamil. Wanita pada masa awal hamil harus benar-benar menjaga asupan gizinya. Pada kehamilan muda bukan hanya rentan terjadinya hal-hal yang dapat menghilangkan janin seperti keguguran, tetapi awal kehamilan muda merupakan proses pembentukan janin. Kandungan pada usia 3 sampai 7 bulan merupakan pembentukan embrio menjadi janin. Pada masa inilah proses pertumbuhan bayi mulai berkembang, sehingga asupan gizi perlu disortir terus untuk mengembangkan pertumbuhan bayi, terutama pada perkembangan otak.



makanan sehat


Memilih Makanan sehat ibu hamil


Makanan sehat untuk ibu hamil tidak jauh berbeda dengan asupan gizi untuk para bayi dan balita hingga anak-anak. Asupan seperti buah-buahan, sayuran, dan ditambah dengan susu. Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin ini dapat membantu mengembangkan otak janin. Pembentukan otak yang sempurna dapat membentuk otak yang cerdas bagi calon bayi. Kecerdasan bukan hanya dapat dibentuk ketika bayi tersebut telah lahir ke dunia dan melalui berbagai asupan yang diberikan ibunya ketika sudah di dunia, tetapi dalam proses asupan ketika dikandungan juga bisa mempengaruhi. Sayuran juga dapat membantu metabolisme janin agar pertumbuhannya sempurna, juga dapat menghindari kelahiran prematur. Sedangkan susu untuk penyeimbang dari asupan gizi tersebut. Susu yang mengandung kalsium ini juga dapat membantu pertumbuhan tulang pada janin. Tak hanya itu asupan seperti ikan, daging, telur, dsb seperti makanan yang mengandung banyak omega 3 juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak calon bayi.


Sementara itu, selain makanan sehat untuk ibu hamil, ada juga beberapa yang perlu dihindari, seperti ibu hamil sebaiknya menghindari berbagai makanan siap saji. Makanan siap saji yang banyak mengandung berbagai mecin dan bahan-bahan makanan kimia lainnya dapat menimbulkan perkembangan janin terhambat. Makanan siap saji saja tidak baik dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit seperti obesitas, apalagi ibu hamil yang pengaruhnya dapat terjadi pada janinnya. Ibu hamil harus pandai mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi selama kehamilan. Kesalah pahaman asupan makanan bagi ibu hamil juga dapat berdampak pada kelahiran bayi yang tidak normal.


Asupan gizi saja tidak cukup. Ibu hamil sebaiknya juga berolahraga, olah raga seperti senam yoga berguna untuk memperlancar proses kelahiran. Olah raga yang teratur dapat menghindari sang ibu dari stres, karena stres yang dialami oleh sang ibu dapat berpengaruh juga terhadap janin. Dengan olah raga yoga dapat memperlancar aliran darah ke otak, sehingga otak semakin fresh dan stres tidak melanda sang ibu. Jadi, makanan sehat untuk ibu hamil bukan hanya dikonsumsi pada saat hamil saja, tetapi juga pada saat menyusui, setelah itu asupan gizi perlu dilanjutkan hingga sang anak beranjak anak-anak, remaja, bahkan dewasa nanti.


Makanan sehat akan melahirkan energi optimal untuk menunjang kehidupan ibu yang sehat dan berbahagia. Memilih makanan yang sehat menjadi tuntutan manusia sekarang agar terhindar dari beragam penyakit yang semakin berbahaya. Makanan sehat untuk ibu hamil perlu untuk diperhatikan agar kesehatan ibu tetap terjaga sehingga kehamilan menjadi sehat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon