Selasa, 24 Maret 2015

Faktor Yang Menentukan Harga Batu Mulia

Harga batu mulia ditentukan oleh beberapa faktor yang membuat harga setiap batu mulia yang dijual menjadi memiliki perbedaan. Di negara Indonesia, batu akik atau batu mulia digemari oleh hampir seluruh kalangan, tidak hanya orang dewasa saja yang menggemari batu akik atau batu mulia, melainkan anak-anak, remaja, bahkan kaum wanita pun menjadi penggemar dari jenis batu ini. Batu akik atau batu mulia merupakan hal yang begitu fenomenal dimata masyarakat dunia, maka tidak heran apabila harga jual batu akik atau batu mulia termasuk tinggi, akan tetapi kita sebagai penggemar batu akik atau batu mulia harus pintar dalam memilih batu akik asli dan bukan.



Harga Batu Mulia


Faktor penentu Harga Batu mulia


Sebagai salah satu penggemar batu mulia dan memiliki keinginan untuk membeli batu mulia, maka ada beberapa panduan sederhana yang dapat membantu anda untuk mengetahui dan menentukan harga batu mulia agar tidak dirugikan atau tidak tertipu. Dalam menentukan harga jual untuk batu akik atau batu mulia, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, diantaranya warna, kejernihan, potongan atau gosokan, dan juga berat atau ukurannya. Untuk urusan warna, anda harus memperhatikan bagian ini secara detail. Nilai jual atau harga batu mulia dapat dibedakan melalui warna. Sebaiknya anda tidak terburu-buru untuk membeli batu akik atau batu mulia karena termakan oleh rayuan sang penjual.


Anda perlu memperhatikan warna yang dimilikinya karena warna memiliki khasiat, manfaat, serta nilai estetis. Selain itu, pada dasarnya batu akik atau batu mulia memang memiliki tingkat warna beragam dan tentunya untuk urusan harga batu mulia ini pun beragam. Kemudian kejernihan, sebelum anda membeli batu akik, maka sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu kejernihan batu mulia tersebut karena memiliki pengaruh terhadap kualitas dan nilai jual. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa batu mulia yang hendak dibeli memiliki warna yang jernih dan tentunya dapat tembus saat disorot cahaya. Selain itu, batu mulia yang bagus pun memiliki tekstur yang mengkilap dan terlihat seperti kristal.



Potongan dan Gosokan mempengaruhi Harga Batu mulia


Selanjutnya adalah potongan atau gosokan yang dimiliki oleh batu mulia, batu mulia yang memang memiliki potongan khas atau sesuai dengan jenis batu, maka dapat dipastikan memiliki harga yang akan semakin tinggi, seperti halnya berlian yang memiliki potongan atau bentuk yang standar, sehingga berlian tersebut dapat berkilau dan tentu memiliki harga batu mulia yang tinggi. Dan yang terakhir adalah berat dan ukurannya, bagian ini dapat mempengaruhi harga batu akik pula, sehingga apabila anda ingin membeli batu akik, perhatikanlah berat dan ukuran yang dimilikinya sebelum menawar harga agar tidak tertipu oleh penjual. Keempat macam hal tersebut merupakan faktor penentu harga jual batu akik atau batu mulia agar tidak tertipu dan tidak rugi.


Harga batu mulia juga tidak lepas dari tren yang ada didunia batu mulia, hal ini disebabkan sebagaimana perhiasan yang lain juga terpengaruh oleh faktor mode, model, dls. Tentu harga sebuah batu mulia yang berkelas akan mempunyai standart tertentu yang ditentukan oleh kulaitas yang dimilikinya, namun nilai plusnya tentu tren juga berpengaruh.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon