Selasa, 17 Maret 2015

Manfaat Tanaman Obat Bagi Kesehatan

Tanaman obat tentu bukan hal yang asing lagi bagi keluarga Indonesia, baik di desa atau di kota. Karena kekayaan hayati kita dan peradaban pengobatan yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita menjadikan sekian banyak jumlah tanaman obat yang dimuliakan dan ditanam di sekitar tempat kita tinggal. Tujuannya jelas yaitu menjadi bahan herbal untuk beberapa jenis penyakit yang diderita oleh anggota keluarga kita. Kalau hanya sakit yang masih memungkinkan diatasi dengan ramuan praktis dari tanaman obat keluarga maka hal tersebut tentu lebih mudah dilakukan dan tentu lebih murah.


Tanaman obat


Banyak tanaman obat yang tumbuh serta berkembang di wilayah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil rempah-rempahnya yang bermanfaat serta berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Dimulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat dapat terobati oleh khasiat dari tanaman obat. Terdapat begitu banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan obat. Namun sepertinya banyak masyarakat yang belum mengetahui persis apa saja tanaman tersebut serta manfaatnya. Tanaman seperti ini sangatlah berguna, namun masyarakat kini lebih memilih pengobatan yang mahal hingga ke luar negeri. Padahal, di negeri kita sendiri memiliki berjuta ragam tanaman yang beberapa diantaranya memiliki kemungkinan untuk menyembuhkan penyakit anda.



Jenis tanaman obat


Berikut ini adalah jenis tanaman obat yang dapat anda temukan di sekitarnya dilengkapi dengan kegunaan serta khasiatnya. Yang pertama adalah buah mengkudu, dalam bahasa latin disebut Morinda Citrifolia. Buah ini banyak ditanam oleh masyarakat di Aceh, bahkan mereka menanam mengkudu hampir di setiap rumah. Buah ini biasanya di sajikan sebagai campuran rujak atau dapat dijadikan menu buka puasa. Anda perlu mengetahui bahwa mengkudu dapat membantu untuk pencegahan penyakit jantung, khususnya jantung coroner. Anda bisa membuat jus mengkudu, kemudian disaring dan diberi madu sedikit, anda dapat meminumnya 2 kali sehari tiap sehabis makan.


Jenis tanaman obat berikutnya adalah lidah buaya. Siapa yang tak kenal lidah buaya nyaris di seluruh wilayah Indonesia terdapat lidah buaya. Lidah buaya sebagai tanaman yang mudah ditemui memiliki sejuta manfaat dalam berbagai hal, misalnya seperti kecantikan dan juga obat untuk beberapa penyakit. Peneliti di Jepang saat ini tengah menguji lidah buaya melalui penelitian untuk dijadikan sebagai obat kanker. Lidah buaya dapat dikonsumsi melalu berbagai cara. Bahkan sekarang tak jarang beberapa orang mengolah lidah buaya menjadi makanan lezat seperti nata de coco, kemudian cendol khas Pontianak, dan masih banyak lagi. Lidah buaya dapat pula dimanfaatkan untuk produk kecantikan seperti shampoo dan lain-lain.


Selanjutnya adalah buah belimbing. Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata buah belimbing menyimpan manfaat yang dapat memberikan kita keuntungan. Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang lezat untuk disantap karena selain enak buah ini juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B, serta vitamin C dan juga kalsium yang dapat menyehatkan tubuh. Namun ternyata belimbing memiliki manfaat lebih dari itu. Buah belimbing dapat dijadikan obat untuk kolesterol tinggi lalu juga bermanfaat sebagai penurun darah tinggi. Cara mengkonsumsinya pun mudah anda cukup makan belimbing setiap hari sesaat setelah makan. Anda dapat membelinya di pasar atau bahkan menanamnya sendiri didepan rumah sebagai tanaman obat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon