Kamis, 12 Maret 2015

Menu Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan sehat biasanya identik dengan empat sehat lima sempurna. Memang betul, makanan yang terdiri dari sayur, buah, daging, telur, dan susu wajib diberikan kepada balita. Balita merupakan masa emas sang anak, pada masa ini sang anak sangat ingin mengetahui banyak hal, otak anak mulai berkembang dan dapat menyerap berbagai hal dengan cepat. Proses indra mereka bekerja sangat cepat dalam mengungkap hal-hal baru. Dalam masa ini ibu harus memberikan makanan pokok dan makanan penunjang seperti buah-buahan. Asupan yang diberikan dengan gizi yang baik akan membantu sang anak untuk mengembangkan otak mereka yang masih dalam masa emas-emasnya. Masa inilah dapat membentuk bagaimana sang anak nantinya. Perkembangan yang lebih bagus juga dapat tercipta dari proses pemberian asupan yang baik. Namun, terkadang nafsu makan sang anak berkurang. Hal ini perlu diperhatikan dengan pemberian asupan makanan yang seimbang.



makanan sehat anak


Makanan sehat Anak


Menu makanan sehat bukan hanya makanan empat sehat lima sempurna saja. Kestabilan nafsu makan anak menyebabkan anak terkadang cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Kita juga perlu mengkombinasikan makanan mereka dengan menu-menu yang beraneka macam, sehingga lidah mereka dapat merasakan bermacam-macam makanan. Menu dari makanan pokok anak yaitu nasi tim. Pemberian nasi tim karena tekstur nasi tim begitu halus, sehingga anak mudah mengunyah. Berikan tambahan seperti brokoli, wortel, kentang, dsb. Sayuran tambahan tersebut bisa dikukus dan aluskan kemudian gabungkan dengan nasi tim tersebut.


Pemberian makanan sehat untuk asupan protein dapat diberikan dari telur. Anda dapat memfariasikan masakan telur untuk anak. Sebaiknya sesuaikan dengan anak yang masih belum mudah mengunyah. Kita dapat membuat telur tersebut dengan memanggang, menggoreng, atau merebus. Berikan telur tersebut sedikit-sedikit dengan sendok. Asupan protein pada telur dapat membantu proses kecerdasan anak dan pertumbuhan anak. Protein bukan hanya ada pada telur saja, tetapi pada biji-bijian seperti kacang hijau atau kedelai yang terdapat pada tempe dan tahu juga dapat Anda berikan sebagai lauk untuk anak.


Untuk sayuran Anda bisa membuat beragam sup seperti sup bakso tahu, sayur asam kacang merah, sayur sop, dsb. Sop tersebut bisa Anda fariasi dengan tambahan daging ayam atau daging sapi sebagai pelengkap. Pemberian daging juga perlu untuk penambahan protein. Jangan lupa, dari makanan pokok tersebut Anda fariasikan dengan bahan makanan lainnya, sehingga anak tidak bosan. Fariasi ini juga dapat membantu mengurangi nafsu makan anak yang tidak stabil. Selingi makanan anak dengan buah untuk menambah vitamin agar daya tahan tubuh kuat. Pemberian susu biasakan diberikan pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari. Pagi hari sebelum memberikan susu lebih baik mengajak anak untuk minum air putih terlebih dahulu agar pencernaan lancar dan cairan pada tubuh tidak berkurang. Menu makanan sehat tersebut bisa Anda berikan sesuai umur anak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon