Selasa, 10 Maret 2015

Tanda-tanda Kehamilan Usia Sebulan

Tanda tanda kehamilan menjadi informasi yang sangat penting bagi anda, terutama bagi anda kaum perempuan yang baru saja menikah. Memiliki anak dalam keluarga baru anda akan menjadi momen yang membahagiakan. Maka dari itu menjadi perlu bagi anda untuk mengetahui apa saja tanda tanda yang muncul saat anda hamil 1 bulan. Ini merupakan suatu kewajiban bagi anda untuk menjaga kekuatan rahim pada bulan pertama kehamilan. Mual serta muntah dapat menjadi ciri-ciri pada umumnya yang dirasakan, namun pada usia kehamilan satu bulan intensitas mungkin sudah berkurang. Pada awal bulan kehamilan janin dalam rahim anda mulai membesar yang secara otomatis si janin akan memperbesar ruang untuk tempat tumbuh. Sejak saat itulah rahim akan mengumpulkan energi serta protein dalam jumlah yang lebih besar daripada sebelumnya.



tanda tanda kehamilan


Gejala atau tanda-tanda kehamilan


Berikut ini merupakan gejala atau tanda-tanda kehamilan yang mungkin akan anda alami jika anda memang benar-benar hamil satu bulan. Dari tanda yang sederhana yaitu dapat diketahui melalui siklus menstruasi ada. Apabila anda mengalami terlambat siklus menstruasi pada bulan berikutnya, maka terdapat kemungkinan bahwa anda memang hamil, namun hal ini belum menjadi penentu yang pasti. Menurut teori siklus menstruasi menjadi terhenti karena ovum telah dibuahi yang kemudian menjadi calon janin, inilah mengapa tidak ada ovum yang tersisa yang dibuang saat menstruasi seperti biasanya.



Morning sickness salah satu Tanda kehamilan


Pertanda yang mungkin anda alami selanjutnya adalah morning sickness. Morning sickness merupakan gejala yang biasanya akan anda alami pada bulan pertama dan seterusnya, namun lama-kelamaan gejala ini akan berkurang pada usia kehamilan berikutnya. Di saat kehamilan bulan pertama anda juga akan merasa sering buang ari kecil. Hal ini disebabkan karena kadar hormone progesterone dan hcg yang meningkat yang akan menutup daerah panggul sehingga membuat sering buang air kecil. Pada saat bersamaan ginjal anda akan bekerja lebih banyak dan lebih baik dikarenakan mesti memproses jumlah residu dan cairan yang jumlahnya lebih banyak dari metabolisme 2 individu, baik si ibu maupun janin. Terdapat juga tanda-tanda kehamilan yang lain berupa ngidam, sakit punggung, pusing maupun pingsan.



Hamil sebulan Jaga stamina


Anda harus benar-benar menjaga stamina dan kebutuhan asupan gizi bagi tubuh anda. Karena pada saat itu juga anda harus member asupan untuk dua tubuh yaitu anda sendiri sebagai ibu dan juga janin yang ada dalam rahim anda. Anda juga perlu waspada pada bulan pertama kehamilan anda. Anda harus menjaga rahim agar tetap kuat jika ingin janin anda selamat dan tumbuh serta berkembang dengan baik. Anda juga direkomendasikan agar tidak terlalu lelah, karena jika anda lelah maka anda akan mudah lemas dan pusing atau bahkan pingsan. Demikian tanda-tanda kehamilan yang akan muncul jika anda hamil satu bulan



Kehamilan sebulan tentang Pertumbuhan janin


Saat usia kandungan memasuki minggu ketiga akan terjadi sebuah proses pembuahan, sel sperma dan sel telur akan bersatu membentuk zygot yang kemudian tumbuh dan berkembang menjadi embrio. Pada usia kehamilan 4 minggu, embrio tersebut mulai memperkuat diri dengan ditandai mulai tertanam dalam dinding rahim. Plasenta mulai terbentuk, disini merpakan empat janin mendapatkan asupan nutrisi.


Tanda-tanda kehamilan 1 bulan, pada bagian mulut, rahang bawah dan bagian tenggorokan janin menunjukkan sedang berkembang, untuk kedua mata baru akan terlihat seperti sebuah lingkaran hitam. Ukuran janin baru sebesar sebutir beras atau panjangnya baru sekitar 6-7 mm. Ukurannya yang masih kecil namun janin sudah terlihat dengan pemeriksaan USG. Sel darah pada tubuhnya awal terbentuk dan terjadi sirkulasi darah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon