Minggu, 19 April 2015

Jenis Gangguan Kesehatan Pada Mulut

Untuk menjaga penampilan terbaik, anda harus menghindari gangguan kesehatan pada mulut. Apa saja gangguan tersebut? Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan mulut paling umum yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Yang pertama adalah bau mulut. Ada banyak sekali penyebab bau mulut. Ini sering disebabkan karena anda kurang menjaga kebersihan gigi dan gusi. Oleh karena itu, untuk menghindari bau mulut, jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur dan setelah makan. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada tekstur gigi seperti gigi berlubang. Seperti yang kita tahu, lubang pada gigi bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan bau busuk dan infeksi pada mulut.


 Gangguan Kesehatan Pada Mulut



Perhatikan Makanan Menjaga kesehatan mulut


Selain itu, anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari untuk menghindari gangguan kesehatan pada mulut. Jika anda mengalami masalah dengan bau mulut, sebaiknya hindari mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan makanan lain yang memiliki bau menyengat. Sebagai tambahan, rokok dan alkohol juga bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada mulut. Hidup sehat dan pola makan yang benar adalah solusi terbaik untuk mengatasi bau mulut. Gangguan yang kedua adalah infeksi gusi. Ini biasanya diawali dengan peradangan di antara gigi dan gusi. Ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk cara anda merawat kesehatan gigi.



Waspadai infeksi gusi, Sariawan Untuk Kesehatan Mulut


Pada fase yang lebih lanjut, peradangan bisa memicu infeksi gusi. Ini bisa merusak tekstur dan kekuatan gigi anda. Inilah sebabnya mengapa anda harus rajin memeriksa kondisi mulut anda ke dokter gigi. Dokter gigi akan segera memberikan solusi dan pengobatan terkait dengan gangguan kesehatan pada mulut anda. Yang ketiga adalah sariawan. Meskipun ini dianggap sebagai masalah mulut yang sangat umum, anda tidak boleh menyepelekan sariawan. Jika ini tidak segera diobati, ini akan memicu masalah mulut yang lebih serius. Ketika anda sudah merasa sangat terganggu dengan kehadiran sariawan tersebut, anda harus segera berkonsultasi kepada dokter gigi dan mulut terdekat untuk mengetahui faktor penyebabnya.



Sariawan Waspadai Gejala kanker mulut


Anda boleh lega jika sariawan tersebut hanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Sariawan biasanya diawali oleh luka pada beberapa bagian mulut. Luka ini bisa disebabkan oleh benturan atau gigitan. Pada beberapa kasus, sariawan bisa menjadi indikator untuk masalah atau penyakit yang lainnya seperti kanker mulut. Pada orang dewasa, ini bisa disebabkan oleh jamur candida. Bagi anda yang menderita gangguan ini, dapat dipastikan bahwa tingkat imunitas tubuh anda sedang menurun. Sebaiknya anda memperbanyak minum air putih serta makan buah dan sayuran secara teratur. Selain itu, sariawan bisa menjadi gangguan kesehatan pada mulut yang sangat menjengkelkan sebab ini menimbulkan rasa nyeri pada seluruh bagian mulut dan bisa menurunkan nafsu makan.



Tips Menghindari Gangguan Kesehatan Mulut


Untuk menjaga agar mulut tetap sehat, beberapa hal yang dapat kita lakukan akan berperang penting. Berikutini beberapa tips merawat kesehatan mulut Anda:




  1. Minimal sekurang-kurangnya dalam seminggu, lakukan berkumur dengan menggunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut Anda.

  2. Mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi

  3. Lakukan kebiasaan untuk mengkonsumsi sayur dan buah secara alami membersihkan gigi. Jenisnya misalnya seperti wortel, seledri, apel,

  4. Berhenti mengkonsumsi merokok secara total.

  5. Batasi minum anggur merah, kopi, dan teh.

  6. Membiasakan menggosok gigi dengan benar,

  7. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi langganan Anda paling minimal setiap 6 bulan sekali sehingga berkontribusi dalam menghindari beragam gangguan kesehatan pada mulut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon