Jumat, 17 April 2015

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

Semua orang mungkin tahu apa itu daun singkong, namun, tidak semua tahu manfaat daun singkong bagi kesehatan. Ya, tidak dapat disalahkan memang karena daun singkong memang lebih dikenal sebagai sayur untuk lauk sebagai teman nasi. Jika dilihat dari rasa, meskipun tergantung bagaimana mengolahnya, daun singkong memiliki tekstur dan rasa yang membuat ketagihan. Dan, jika dilihat dari sisi manfaat bagi kesehatan, anda pasti takjub dengan khasiat luar biasa yang bisa diberikan daun singkong pada tubuh anda. Namun, sebelum berbicara lebih jauh apa-apa saja manfaat yang diberikan oleh daun singkong bagi kesehatan, lihat dulu kandungan yang ada pada daun berwarna hijau tua ini.




manfaat daun singkong untuk kesehatan


Bisakah bermanfaat untuk regenerasi sel


Ditemukannya manfaat daun singkong bagi kesehatan, tidak lain karena deretan zat yang membentuk daun singkong. Langsung saja, dalam daun singkong anda akan menemukan kandungan seperti lemak, protein, serat, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin (B17, A, dan C) dan kalori. Lalu, apa manfaatnya bagi kesehatan? Berbicara tentang itu, regenerasi sel adalah manfaat pertama daun singkong bagi kesehatan. Kemampuan daun singkong untuk meregenerasi sel tidak lain karena adanya kandungan protein pada daun singkong. Dengan kata lain daun singkong bisa menjadikan siapapun yang memakannya menjadi awet muda, ingin membuktikan? Manfaat daun singkong untuk kesehatan lainnya adalah, dengan memakan daun singkong berarti anda mencegah datangnya penyakit seperti diabetes, sakit jantung, obesitas, dan kanker usus.



Daun singkong mampu menangkal radikal bebas


Kenapa bisa begitu? Itu semua disebabkan karena daun singkong mengandung serat yang sangat berperan penting dalam proses pencernaan. Ditambah lagi, serat juga berperan dalam memberikan sinyal kenyang pada otak yang membuat anda bisa mengontrol apa yang anda makan sehingga berat badan dan kolestrol terjaga. Selain itu manfaat daun singkong bagi kesehatan adalah kemampuan daun singkong untuk menjaga tubuh anda dari ancaman radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Jika anda bertanya kandungan apa yang membuat daun singkong mampu menangkal radikal bebas, maka yang bertanggung jawab untuk itu adalah kandungan anti-oksidan yang ada pada daun singkong.



Daun singkong menjadi sumber tenaga


Anti-oksidan pada daun singkong, jika anda ingin tahu, didapat dari klorofil atau zat hijau daun pada daun singkong. Sebagai sumber tenaga adalah manfaat kesehatan lain yang bisa anda dapatkan dari daun singkong. Dan berbicara tentang itu, karbohidrat dan kalori lah yang membuat singkong menjadi sumber tenaga atau energi yang baik bagi tubuh. Dengan mengetahui manfaat kesehatan daun singkong, akan lebih baik jika anda akan memasak jenis daun ini, sebaiknya tidak memasaknya terlalu matang karena bisa dipastikan bahwa kandungan yang terdapat dalam daun singkong bisa berkurang karena panas. Dan terakhir, semoga dengan mengetahui manfaat daun singkong bagi kesehatan, anda rutin memasukannya dalam menu diet harian anda.



Memasak Daun Singkong Bermanfaat

Melihat beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan seperti tersebut diatas maka menegaskan bahwa tidak benar kalau lebih banyak bahayanya kalau daun singkong dimasak sebagai sayuran. Beberapa masakan nusantara justru menjadikan daun singkong sebagai menu pilihan, seperti masakan Padang, Urap-urap, dll. Jadi tidak usah galau akan manfaat daun sayura yang murah meriah ini untuk menjaga kesehatan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon