Sabtu, 06 Juni 2015

Tips Aman Bercinta Saat Hamil Muda ataupun Tua

Berhubungan intim merupakan salah satu kebutuhan biologis pasangan suami istri. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berhubungan intim dapat membakar kalori dan menurunkan stres setelah seharian beraktifitas. Namun ketika istri sedang mengandung, amankah untuk melakukan hubungan intim? Sebenarnya aman jika anda mengetahui tips aman bercinta saat hamil muda ataupun tua. Banyak mitos beredar yang mengatakan bahwa anda harus menghindari bercinta saat istri sedang hamil muda maupun tua. Mitos itu tidak seutuhnya salah jika terdapat kondisi-kondisi tertentu seperti misalnya terjadi masalah dengan rahim, pendarahan pada vagina, dan terjadi masalah dengan plasenta ataupun rahim mulai terbuka secara prematur. Hal ini tentu harus sangat dihindari karena akan mengakibatkan infeksi atau lebih parah lagi dapat membahayakan kondisi kehamilan istri tercinta.



Tips Aman Bercinta Saat Hamil Muda ataupun Tua


Waktu Bercinta Saat Hamil Perhatikan


Selain kondisi-kondisi tersebut, ada pula waktu yang harus diperhatikan mengenai kapan anda bisa bercinta saat hamil. Menurut banyak konsultan seks, trimester pertama hingga mendekati trimester akhir yakni usia 7 bulan merupakan waktu yang tepat untuk bercinta karena pada waktu ini ibu hamil sedang berada dalam kondisi yang lebih relaks. Selain itu ada beberapa pasien yang mengatakan saat usia kandungan berada dalam 3-7 bulan, ibu hamil merasa bentuk tubuhnya menjadi lebih ideal karena perubahan bentuk payudara dan bokong yang semakin naik dan kencang. Namun jika anda ingin tetap melakukan hubungan intim saat usia kandungan 7-9 bulan pun tidak masalah, hanya saja frekuensi berhubungan intim perlu dikurangi dan dilakukan dengan perlahan. Hubungan intim yang dilakukan pada trimester pertama atau saat usia kandungan sudah memasuki usia 36 minggu sebenarnya masih mungkin untuk dilakukan jika anda mengetahui tips aman bercinta saat hamil muda ataupun tua.



Bebas Posisi Bercinta Saat Hamil Pertengahan


Pada usia kehamilan 0-12 minggu, hubungan intim masih sangat aman dilakukan dengan posisi apapun. Setelah usia kehamilan diatas 12 minggu disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk melihat kondisi kehamilannya terlebih dahulu. Tips aman bercinta saat hamil muda ataupun tua yang tepat bagi anda yang ingin mengeksplorasi posisi bercinta, terutama saat usia kandungan masih masih muda ialah menungging (doggy style), menyamping (sideways), dan wanita diatas (woman on top). Posisi tersebut dikatakan aman karena ibu hamil masih merasa nyaman untuk berhubungan intim dengan posisi-posisi tersebut.



Bercinta Saat Tua Mempermudah Kelahiran


Melakukan hubungan intim saat hamil memang cukup mengandung resiko yang besar, namun juga memiliki beberapa manfaat untuk membantu persalinan. Salah satunya ialah ketika kehamilan sudah memasuki usia kandungan 40 minggu. Berhubungan intim dapat membuat leher rahim menjadi lunak, selain itu prostaglandin yang dikeluarkan sperma dapat membantu kepala bayi masuk ke bagian panggul bawah akibat kontraksi. Namun anda tetap harus memperhatikan tips aman bercinta saat hamil muda ataupun tua, bahkan lebih baik lagi jika anda rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai waktu dan cara yang tepat untuk berhubungan intim selama masa kehamilan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon